Kenapa Liberty Media Berani Bayar Rp79 Triliun untuk MotoGP? Ini Bocoran Ambisinya!

MotoGP resmi diambil alih oleh Liberty Media
Sumber :
  • instagram @motogp

Viva, Banyumas - Liberty Media, sebagai perusahaan penyelenggara Formula 1, kembali jadi sorotan usai resmi ambil alih mayoritas saham MotoGP. Mereka mengakuisisi 84 persen kepemilikan dari Dorna Sports dengan nilai yang fantastis, yakni setara Rp79 triliun.

Soundvolution Pekalongan Tanpa Denny Caknan, Manajemen Bongkar Alasan Pembatalan

Keputusan besar ini memunculkan tanda tanya publik tentang bocoran ambisinya terhadap masa depan dunia balap motor. Langkah strategis Liberty Media, yang telah sukses membawa Formula F1 meraih puncak popularitas global, memunculkan harapan bahwa mereka bisa mengulang keberhasilan yang sama di MotoGP.

Dengan dana investasi sebesar Rp79 triliun, tentu ada ambisi besar di balik pengambilalihan saham MotoGP ini yang kini jadi pembahasan hangat di kalangan penggemar dan pelaku industri olahraga otomotif. Dibalik aksi ambil alih saham MotoGP ini, Liberty Media diyakini ingin menjadikan ajang balap motor tersebut setara bahkan lebih besar dari Formula 1.

Viral! Kapolsek Kediri Diduga Aniaya Brigadir MNS Gegara Telat Apel MotoGP Sampai Disiram Tuak

Bocoran ambisinya pun mulai terungkap: dari perluasan pasar global, pendalaman interaksi dengan fans, hingga strategi komersial berbasis media digital yang pernah mereka terapkan di F1 dan sukses besar.

Persetujuan Komisi Eropa yang diberikan tanpa syarat pada Selasa (24/6/2025) menjadi titik akhir dari proses panjang akuisisi ini. Menurut CEO Liberty Media, Derek Chang, MotoGP merupakan aset olahraga yang sangat potensial untuk dikembangkan lebih jauh, terutama dari sisi komersial.

Park Hyatt Rp5 Juta Semalam! Timnas Indonesia Tolak Hotel Rekomendasi Federasi Arab Saudi, Ini Alasannya

“MotoGP punya balapan luar biasa, basis penggemar yang kuat, dan potensi pertumbuhan yang besar,” ungkapnya dilansir dari Viva. Bocoran ambisi Liberty Media mulai terlihat.

Mereka ingin meniru sukses Formula 1 sejak mereka ambil alih ajang tersebut pada 2017. Dalam waktu singkat, F1 mengalami lonjakan penonton, ekspansi global, serta peningkatan pendapatan komersial berkat pendekatan digital, media sosial, dan tayangan dokumenter seperti Drive to Survive.

Halaman Selanjutnya
img_title