Strategi Cerdas Jateng Lawan Tarif Impor AS: Dari Bussiness Matching UEA hingga Rumah Kurasi

Gubernur Jateng rancang strategi ekspor baru
Sumber :
  • Pemprov Jateng

Viva, Banyumas - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merespons cepat pemberlakuan tarif impor 32 persen dari Amerika Serikat terhadap produk asal Indonesia, termasuk dari Jateng. Sebagai provinsi dengan nilai ekspor tinggi ke Negeri Paman Sam, kebijakan ini dinilai sebagai tantangan besar yang harus dijawab dengan strategi konkret dan inovatif.

UEA Menang 2-1 atas Oman, Buka Peluang Lolos ke Piala Dunia 2026

Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi telah menginstruksikan berbagai langkah untuk menjaga stabilitas ekspor dan memperluas jangkauan pasar produk lokal. Salah satu strategi utama adalah membangun “Rumah Kurasi” bersama Kadin dan HIPMI, yang berfungsi sebagai pusat seleksi dan peningkatan kualitas produk-produk unggulan Jateng agar siap masuk ke pasar regional dan internasional.

Langkah kedua adalah memperkuat kerja sama perdagangan dengan sister province seperti Fujian (Tiongkok), Melaka (Malaysia), dan Singapura. Kerja sama ini bertujuan untuk membuka akses baru bagi produk Jateng, sekaligus menjajaki sinergi industri antarwilayah.

Patrick Kluivert Optimistis Maarten Paes Bisa Jadi Tembok Kokoh Garuda Lawan Arab Saudi dan Irak

Tak hanya itu, Jateng juga menjalin kolaborasi dengan provinsi dalam negeri seperti Lampung, Kepulauan Riau, dan Maluku Utara, guna memperkuat jaringan ekonomi domestik dan memperluas skala produksi.

Langkah konkret lainnya yang sudah disiapkan adalah Bussiness Matching antara pelaku Industri Kecil Mandiri Jateng dengan pasar Uni Emirat Arab, yang akan digelar pada Agustus 2025.

Udang Beku RI Ditolak AS karena Radioaktif, Zulkifli Hasan: Masih Aman Dimakan!

Kegiatan ini diharapkan menjadi pintu masuk produk Jateng ke pasar Timur Tengah yang memiliki daya beli tinggi dan kebutuhan konsumsi yang terus meningkat.

Kepala Disperindag Jateng, July Emmylia, mengungkapkan pihaknya juga mengakselerasi penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA), untuk mempercepat proses ekspor ke negara-negara tujuan selain Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
img_title